Sabtu, 23 Februari 2013

Ikan lomek favorit masyarakat pulau padang

Ikan lomek
Melibur (Mb)-Ikan Lomek merupakan ikan yang menjadi favorit masyarakat Pulau Padang dengan nama lainnya  adalah Harpodon nehereus merupakan salah satu bentuk keanekaragaman biota laut yang ada di Selat Asam bahkan di pesisir kepulauan meranti. Ikan lomek di negara Malaysia dikenal dengan nama “ikan lumek”.

Ikan Lomek  mempunyai bentuk badan memanjang agak pipih, ujung moncong pendek membulat, sirip ekor mempunyai 3 bagian yaitu atas, bawah dan tengah sebagai kelanjutan dari garis sisik. Gigi kedua rahangnya mempunyai bentuk yang bermacam-macam yaitu lengkung pipih, besar maupun kecil.

Warna badan kecokelatan sampai putih keabu-abuan, panjang mencapai 40 cm. ikan lomek mempunyai jari-jari sirip punggung 9-14. Kemudian ikan lomek menyebar atau hidup bergerombol, terdapat disepanjang perairan pantai dan daerah estuaria atau daerah dekat dengan muara sungai.

Nama lain dari Ikan lomek (Harpodon nehereus) Klasifikasi ikan lomek adalah sebagai berikut Kindom: Animalia, Filum: Chordata, Kelas: Actinopterygii, Ordo: Aulopiformes, Family: Synodontidae, Genus: Harpadon dan  Spesies: H. Nehereus. Adapun dari sumber yang lain mengklasifikasikan Ikan Lomek ke dalam Phylum : Chordata, Kelas    : Pisces, Ordo    : Myctophoide, Famili : Scopelidae, Genus  :  Harpodon dan dari Species : Harpodon neherous.

Ikan Lomek  juga termasuk ke dalam kelompok Gnathostomata. Bentuk tubuhnya bilateral simetris, compressed, sedangkan bentuk kepalanya tumpul. Ikan ini tidak bersisik, ukuran mulut lebar dan berbentuk nonprotactile.

Ikan lomek yang berukuran kecil mempunyai nama tersendiri yaitu ikan jerait. Ikan jerait ini akan dijemur menjadi ikan sagang baru dijual. Ikan lomek selain memakan plankton dan ikan kecil, ikan lomek juga memakan udang bahkan anak ikan lomek itu sendiri karena lambungnya yang elastis dan mulutnya yang bisa membuka lebar 2 kali lipat dari ukuran badannya sehingga bisa menelan ikan yang ukuran sedang.

Ikan lomek merupakan ikan yang hidup didaerah pasang surut (intertidal). Hampir semua ikan intertidal berukuran kecil karena keadaan lingkungan yang cenderung tidak stabil (bergolak). Bentuk tubuh pipih memanjang, sebagian besar mempunyai gelembung renang dan sangat berasosiasi dengan substrat. Banyak dari ikan ini beradaptasi dengan habitat didaerah subtidal.

Cara menangkap ikan Lomek dengan menggunakan jaring dengan cara dihanyutkan ketika air laut berarus deras bisa dipasang tiap hari. Selanjutnya dengan menggunakan pengerih dengan posisi letaknya ditengah laut dengan melawan arus dan pengerih bisa digunakan sehari 1x dan selanjutnya yang terakhir dengan menggunakan gumbang yang masa tangkapnya ketika arus air laut mulai deras tanggal 10-18, saat air pasang tenang saat itu 3-4x sehari pagi atau malam. Cara penyajian untuk menu sebuah makanan ikan lomek hanya bisa dihidangkan dalam bentuk berkuah bukan digoreng, seperti disup, pindang, gulai dan asam pedas serta dipepes.(fahri)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Populer Post

 
Copyright@2012 Moeda Mandiri Cyber Team