Selasa, 01 Januari 2013

Festival Budaya Melayu Merbau Berirama Ke II Tahun 2012

langgam melayu
Teluk Belitung (Mb)-Dendangan lagu melayu menggema di malam acara penutupan “Festival Budaya Melayu Merbau Berirama KeII Tahun 2012”. Masyarakat kelurahan Teluk Belitung berbondong-bondong agar tidak ketinggalan untuk menyaksikan malam yang dinanti-nanti bagi para peserta yang mengikuti acara Merbau Berirama, Sabtu (29/12).

Acara yang diselenggarakan oleh firdaus sebagai ketua pelaksana dari Himpunan Pemuda Kreatif (HPK) ini memperlombakan Langgam Melayu dan Kompang Rebana yang diikuti sebanyak 31 peserta dengan kategori langgam melayu terdiri dari peserta putra 10 orang dan putri 9 orang serta kategori kompang rebana terdiri dari peserta berkelompok dengan jumlahnya sebanyak 12 group.

Peserta tidak hanya berasal dari Kecamatan Merbau tetapi peserta juga berasal dari Kecamatan Tasik Putri Puyu. Sedangkan juri untuk kategori Langgam Melayu berasal dari Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 2 orang dan juri Kompang Robana berasal dari kecamatan merbau sebanyak 3 orang.

Adapun lagu Langgam Melayu yang akan dinyanyikan setiap peserta terdiri dari lagu wajib dan lagu pilihan. Lagu peserta putra adalah “Bahtera Merdeka” sebagai Lagu wajib sedangkan “Tanjung Katung” dan “Pak Ketipung” sebagai lagu pilihan. Lagu Langgam Melayu untuk peserta putri adalah “Patah Hati” sebagai lagu Wajib dan “Pucuk Pisang” sebagai lagu pilihan.

Panitia juga menyediakan hadiah berupa tropi dan uang tunai. Untuk kategori Langgam Melayu juara I mendapatkan tropi dan uang tunai sebesar Rp.1000.000, juara II mendapatkan tropi dan uang tunai sebesar Rp.750.000 sedangkan juara III juga mendapatkan tropi dan uang tunai sebesar Rp.500.000.

Peserta untuk kategori Kompang Rebana mendapatkan hadiah berupa tropi dan uang tunai. Juara I mendapatkan tropi dan uang tunai sebesar Rp.3ooo.ooo dan untuk juara III mendapatkan tropi dan uang tunai sebesar Rp.2000.000 sedangkan juara III juga mendapatkan tropi dan uang tunai sebesar Rp.1500.000.

Festival ini dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 26-29 desember 2012. Pada hari acara pembukaan pada beberapa hari yang lalu, Fauzi, SE sebagai anggota DPR Kabupaten Kepulauan Meranti memberi ucapan selamat kepada panitia atas kesuksesannya dalam menyelenggarakan acara Merbau Berirama. “Melalui acara ini masyarakat Kecamatan Merbau dapat melesterikan budaya melayu untuk kedepannya” Kata Fauzi, SE.(fahri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Populer Post

 
Copyright@2012 Moeda Mandiri Cyber Team