Sabtu, 03 November 2012

Medang Lendir Sebagai Bahan Baku Obat Anti Nyamuk Bakar

Melibur (Mb) - Indonesia memiliki hamparan hutan yang luas dengan beragam tumbuhan dan sejuta manfaat yang tersembunyi, dari berbagai ragam tumbuhan yang tumbuh di daerah Kabupaten Kepulaun Meranti. Kayu medang memiliki manfaat tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, khususnya masyarakat Pulau Padang yang mayoritas penduduknya adalah petani.
Kulit kayu Medang Lendir
Kayu Medang sendiri memiliki beragam jenis, salah satu nya adalah Medang Lendir. Kayu dengan nama latin (Litsea Spp) ini Memiliki banyak manfaat, kandungan komponen senyawa kimia yang terdapat pada kulit Medang Lendir berupa zat Ekstraktif yang bisa digunakan sebagai bahan baku Pengawetan kayu, selain sebagi bahan pengawet kayu kulit Medang Lendir juga merupakan bahan dasar pembuatan obat nyamuk bakar, Lem dan dupa.
Kulit kayu Medang Lendir merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat Kecamatan Merbau
Di Pulau Padang masyarakat sekitar mencari kulit kayu Medang Lendir untuk di jual ke Penampung / penadah. Sebelum di jual kulit kayu yang memiliki ketebalan 1 - 1.5 cm terlebih dahulu di jemur hingga kering, setelah kering barulah kulit kayu di jual ke penadah.(R*wyn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Populer Post

 
Copyright@2012 Moeda Mandiri Cyber Team