Senin, 05 November 2012

Daun Senduduk Apotik Hijau

Melibur (Mb) – Daun Senduduk, begitulah masyarakat sekitar menyebutnya. Jika harus ditelusuri begitu banyak sang creator artikel menulis tentang tumbuhan ini, baik dari ahli perobatan hingga yang sekedar sharing. Tetapi berbeda situasinya di Kabupaten Kepulaun Meranti, tempat jemari ini melentikkan sebuah artikel yang tak asing bagi netter. Mungkin hanya beberapa yang mengetahui manfaat tumbuhan ini, di banding dengan pengetahuannya tumbuhan ini masih lebih banyak tumbuh di daerah ini. Jika hal ini tanyakan manfaat dari tumbuhan ini hampir rata-rata seluruh penduduk akan menjawab obat penghenti pendarahan. 
Bunga dan Buah daun Senduduk
Tumbuhan dengan nama latin Melastoma malabathricum L banyak tumbuh di Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti dan sekitarnya. Senduduk yang bisa dikatakan tumbuhan liar ini, mengandung saponin, flavonoida dan tanin. Pemanfaatan  daun, akar, biji, dan buah sebagai obat ramuan tradisional belum mampu menjangkau masyarakat luas tentang kegunaan dan manfaat tumbuhan tersebut.

Beberapa manfaat dari daun Senduduk untuk pengobatan yang belum di ketahui masyarakat luas manfaatnya :
  • Gangguan pencernaan makanan (dispepsi), disentri basiler, diare
  • Hepatitis
  • Keputihan
  • Sariawan
  • Darah haid yang berlebihan, pendarahan rahim diluar waktu haid
  • Mimisan, berak darah, wasir berdarah
  • Radang dinding pembuluh darah disertai pembekuan darah didalam salurannya (tromboangitis)
  • Asi tidak lancer
  • Keracunan singkong, mabuk minuman keras
  • Busung air dan bisul
Daun Senduduk
Cara pengolahan dan pemakain daun Senduduk sebagai obat antara lain :
1. Pemakaian luar
Daun segar atau daun yang telah dikeringkan digiling halus lalu dibubuhkan pada luka bakar atau
luka berdarah dan balut luka tersebut.
2. Obat keputihan
Daun senduduk segar sebanyak dua genggam, jahe dan bengle masing-masing seukuran ibu jari, lalu di cuci bersih dan potong - potong, kemudian rebus dengan 3 gelas air, tambahkan satu sendok cuka. Rebus hingga airnya hanya tersisa dua gelas. Dinginkan dan saring, lalu minum dua kali sehari, masing-masing satu gelas.
3. Sariawan dan Diare
Daun senduduk muda sebanyak dua lembar dicuci bersih lalu bilas dengan air matang. Daun tersebut dikunyah dengan sedikit garam. Airnya di telan dan ampasnya dibuang.
4. Diare
Daun senduduk muda sebanyak satu genggam, 5g kulit manggis, dan tiga lembar daun sembung. Semua bahan segar dicuci dan direbus dengan 1 setengah gelas air bersih, rebus hingga air tadi menjadi setengah gelas. Setelah dingin disaring dan dibagi untuk tiga kali minum, yaitu pagi, siang dan sore.
5. Bisul.
Daun senduduk segar sebanyak dicuci bersih dan direbus. Air rebusannya diminum dan ampasnya dibubuhkan pada bisul.
6. Menetralkan Racun Singkong.
Akar atau daun senduduk sebanyak 60g direbus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin disaring dan diminum sekaligus.
7. Pendarahan rahim
Biji senduduk sebanyak 15g di oseng sampai hitam lalu direbus dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas air. Setelah dingin disaring dan diminum dua kali sehari masing-masing setengah gelas. Minum setiap hari sampai sembuh.
Selain sebagai obat herbal daun Senduduk juga bisa di jadikan bahan dasar pembuatan kosmetik, dan di Kecamatan Merbau sendiri daun senduduk digunakan masyarakat sebagai penghilang bau dan lendir ikan dalam masakan. Di lain daerah buah senduduk di jadikan bahan dasar pewarna batik. Bila di ambil kesimpulan daun Senduduk memiliki banyak manfaat tersembunyi yang belum di kaji lebih mendalam manfaat dan kegunaannya, kami dari Moeda Mandiri Cyber Team  siap memberikan kerja sama dalam menemukan solusi pemanfaatan tumbuhan ini agar bisa digunakan masyarakat luas. (Sumber :1001-petuah/ chalouiss/ R*wyn)

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Boleh minta info dmana saya bs mendapatkan daun senduduk? Krn sy butuh dalam jumlah agak banyak utk penelitian kosmetik.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. didaerah riau kepulauan meranti banyak dijumpai tanaman senduduk.

      Hapus

Translate

Populer Post

 
Copyright@2012 Moeda Mandiri Cyber Team